Sakit pada telinga biasanya disebabkan karena perubahan tekanan yang ekstrem. Buah hati Anda mungkin pernah mengalami sakit telinga saat mengunyah makanan. Berikut ini penyebab telinga anak sakit saat mengunyah makanan yang wajib untuk Anda ketahui.

Infeksi Telinga

Infeksi adalah penyebab paling umum sakit telinga. Biasanya infeksi menyerang telinga bagian tengah atau otitis media dan telinga bagian luar atau otitis eksternal. Infeksi bakteri dan virus ini akan menyebabkan jaringan telinga si kecil membengkak dan iritasi sehingga kemudian menimbulkan rasa sakit

Merasa sakit ketika mengunyah salah satu gejala dari infeksi. Selain itu, ada pula gejala yang lain seperti demam tinggi hingga lebih dari 37,7 derajat celsius, cairan atau kotoran telinga berbau tidak sedap, si kecil mengalami kesulitan untuk tidur, sakit kepala hingga telinga terasa penuh sehingga kesulitan untuk mendengar dengan jelas.

Infeksi yang menyerang telinga bagian luar menyebabkan kulit telinga memerah, bengkak, dan terasa gatal. Kemudian jika infeksi menyerang otitis media biasanya si anak menjadi tidak nafsu makan. Telinga juga akan terasa sakit ketika anak berbaring.

Pilek dan Sinus

Pilek yang tidak kunjung sembuh atau sinusitis akan menyebabkan infeksi pada telinga anak-anak. Hal tersebut karena lendir alias ingus dapat mengalir melewati saluran eustachius yang kemudian mengisi ruang kosong di ruang telinga tengah yang seharusnya terisi oleh udara.

Jika pilek atau sinus terlalu lama dibiarkan, makan akan semakin banyak lendir yang menggenang di dalam telinga si kecil. Kondisi telinga bagian tengah yang lembab sendiri sangat ideal bagi bakteri dan virus untuk melakukan kembang biak. Hal tersebut menyebabkan infeksi telinga bagian tengah menjadi semakin parah.

Telinga anak sakit umumnya dikarenakan pilek dan sistem imun si kecil masih lemah. Bukan hanya itu, panjang saluran eustachius pada telinga anak lebih pendek dan mendatar jika dibandingkan orang dewasa sehingga memudahkan virus dan bakteri untuk masuk ke dalam telinga bagian tengah.

Radang Amandel

Radang amandel sendiri terjadi karena amandel terinfeksi oleh bakteri dan virus sehingga membengkak. Gejala umum yang dirasakan saat amandel mengalami peradangan adalah demam, sakit telinga saat mengunyah, dan sakit tenggorokan saat menelan makanan.

Amandel biasanya dapat diatasi dengan antibiotik yang diresepkan oleh dokter jika penyebabnya adalah bakteri atau antiviral. Semakin lama Anda membiarkan si kecil mengalami radang amandel, maka kondisinya akan semakin parah dan nantinya bisa menyebabkan komplikasi yang dikenal sebagai abses peritonsil.

Abses peritonsil dapat diketahui dengan amandel yang membengkak sangat besar dan dapat juga bernanah. Rasa sakit kemudian akan menjalar hingga ke salah satu telinga dan akan membuat telinga sakit saat si kecil mengunyah atau bahkan sekedar membuka mulut.

Itulah penyebab telinga anak sakit saat mengunyah makanan. Sebaiknya Anda segera memeriksakan si kecil ke dokter. Anda bisa mengunjungi situs Orami di www.orami.co.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya mengenai kesehatan buah hati Anda.